yunita

yunita

Rabu, 02 Oktober 2013

Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Grafik Komputer

Adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak atau juga bisa disebut dengan proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar. Istilah “Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi.

APLIKASI GRAFIK

Aplikasi komputer grafik mulai berkembang pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an. Merupakan suatu program komputer yang digunakan dengan menarik sebuah gambar yang memberikan dimensi baru pada bidang komputer saat itu.
Ada 2 cara nyata yang dapat memasukkan informasi grafik ke dalam komputer menjadi suatu aplikasi, yaitu :
Direct Programming Graphics, dengan menuliskannya ke dalam bahasa pemrograman.
Digitizing (or Graphics) Tablets, dengan menggunakan mouse.

Contoh Grafik Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari:

Saat ini grafik komputer telah digunakan untuk pembuatan film-film animasi. Beberapa manfaat lain dari Grafik Komputer dalam kehidupan sehari-hari ialah :
  • Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

  • Bidang Hiburan
Pada sekarang ini semua acara hiburan di TV banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun, iklan di TV hingga acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

  • Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan. Tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.

  • Aplikasi Permainan
Untuk grafik komputer pada games ini memang sangat dibutuhkan mulai dari pembuatan awal sampai proses manipulasi dimana pada prosesnya dapat diterapkan juga dengan teknik pengolahan citra, seperti dalam pemberian warna pada gambar-gambarnya,agar game tersebut terlihat lebih menarik. Hampir semua aplikasi permainan itu memanfatkan modus grafik. Aplikasi permainan itu sendiri terdiri dari, aplikasi strategi aplikasi tembak dan lari dan masih banyak lagi yang lainnya.

Citra

Adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Citra itu sebagai data / informasi.
Data :
· - Teks
· - Citra
· - Audio
· - Video / multimedia

Pengolahan Citra

Adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra / gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
Adapun perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.

Elemen Fungsi Dasar Sistem Pengolahan Citra :

Pembentukan Citra
Sensor yang sensitif terhadap gelombang EM menghasilkan sinyal listrik sesuai dengan energi yang diterima. Analog-to-Digital Converter / Digitizer akan mengubah sinyal listrik tersebut menjadi bentuk digital.
Scanner yang menerima masukan dalam bentuk analog (dokumen, peta, foto) akan mengubah menjadi data dalam bentuk digital.

Penyimpanan Citra
Penyimpanan jangka pendek (sedang diproses): memory
Penyimpana non-line (siap dipakai): disk magnetik
Penyimpanan arsip: pita ataudisk magnetik, CD

Pemrosesan Citra dan Komunikasi
Data citra berukuran besar (perlu tempat simpan yang besar serta waktu proses yang lama).
Issue penting pada komunikasi: kompresi citra.
Issue penting pada pemrosesan citra: proses paralel.

Peragaan Citra
Dalam bentuk softcopy (layar peraga / monitor).
Dalam bentuk hardcopy (printer, film writer, plotter).

Contoh aplikasi Pengolahan Citra :

  • Aplikasi Kedokteran Gigi (Orthodonti)
Pada citra cephalometri, dapat dideteksi kurva bentuk dahi manusia dari landmark Nasion (lekuk dahi ke hidung) sampai ke Bergman (titik ubun-ubun).
Dari lengkung bentuk dahi dapat dihitung koefisien transformasi Fourier dan transformasi Wavelet.
Dari sampel laki-laki dan perempuan dapat ditentukan aturan keputusan berdasarkan analisis diskriminan, sehingga jenis kelamin dapat ditentukan berdasarkan bentuk dahi tengkorak manusia.
Eksperimen menunjukkan penggunaan transformasi Wavelet menghasilkan tingkat pengenalan yang lebih baik dari transformasi Fourier.

  • Aplikasi Kedokteran (Biomedik)


Penggunaan sinar X (foto Rontgen) merupakan salah satu dari pemanfaatan pengolahan citra dalam bidang kedokteran. Sinar X sangatlah membantu dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit.

  • Penginderaan Jarak Jauh / Inderaja (Remote Sensing)


  • Industri


  • Bahasa Isyarat


Gambar diatas merupakan bahasa isyarat bibir. Bahasa isyarat lain menggunakan bahasa tangan dan ada juga yang disebut sebagai ‘body language’.

  • Pengenalan Karakter


  • Bidang Pertanian
Teknik pengolahan citra telah banyak dipergunakan dalam bidang pertanian antara lain untuk penentuan jenis cacat biji kopi, pemutuan edamame, pemeriksaan mutu karet RSS, pemutuan buah mangga, identifikasi tingkat ketuaan dan kematangan jeruk lemon dan manggis.

  • Bidang Perdagangan 
Pembacaan kode batang (bar code) yang tertera pada barang (umum digunakan di pasar swalayan / supermarket).

  • Bidang Militer
Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar