yunita

yunita

Minggu, 12 November 2017

My Goals, Korea Selatan "Drama Pembuatan Visa"

Visa... Oh Visa

Setelah sibuk dengan drama beli tiket di postingan sebelumnya, sekarang gue mau ceritain drama lain yaitu cari penginapan murah di Seoul dan pembuatan visa.

Namanya kita niat pergi ala-ala bacpaker, jadi ya semua pengennya serba murah. Tiket murah alhamdulillah udah di tangan. Sekarang kita cari penginapan murah tapi deket sama pusat kota dan fasilitasnya mencukupi selama kita di Korea banyak mau ya. Kita cari-cari referensi penginapan murah versi kita di airbnb. Yang suka travelling pasti tau kan kenapa pilih airbnb hahaha. Btw, kita tuh nyari penginapan yang berbentuk apartement. Bukan hotel, bukan juga guest house yang dapur, ruang tamunya nyampur. Kenapa apartement? Karena kita mau semua fasilitas udah ada di dalam satu kamar. Ada mesin cucinya juga, dapur, tv hihi. Nyari-nyari lah yang harga per malamnya murah, dekat sama pusat kota Seoul dan fasilitasnya lengkap. Susah-susah gampang sih nyarinya. Karena untuk harga yang kita mau itu kebanyakan agak jauh dari pusat kota Seoul. Begitu ada, tanggalnya gak ada. Udah full booked.


Tadaaaaa, setelah kita ngubek-ngubek airbnb ketemu lah satu apartement yang menurut kita itu sesuai dengan budget, deket sama stasiun Seoul dan lengkap fasilitasnya. Dewi nyari yang ada gantungan bajunya, gue nyari yang ada dapur karena gue suka laperan orangnya, Sheila nyari yang ada mesin cucinya. Dan itu semua ada hihihihi. Singkat cerita masalah penginapan selesai. Kita sengaja booking apartement dari jauh-jauh hari, karena apartement murah cepet banget abisnya.

Apartement yang kita sewa selama di Korea 


Sekarang gue mau bahas masalah Visa. Untuk keperluan bikin Visa. VISA??? Nah ini drama yang paling memusingkan dari semua drama.



Banyak yang bilang untuk buat Visa Korea Selatan itu susah-susah gampang, ya bener sih. Gue ngalamin gimana nyiapin semua berkasnya sebelum dibawa ke Kedubes Korea Selatannya. Apa aja sih syaratnya :

1. Formulir Aplikasi Visa. Ini yang harus diisi lengkap, jelas dan hati-hati biar ga ada coretan :D Jangan lupa pake tulisan kapital ya. Jangan tulisan alay gede kecil wkwk.

2. Pas foto berwarna 2 lembar ukuran 3,5 cm x 4,5 cm berlatar putih. Untuk yang berkerudung bebas sih mau pake kerudung warna apa. Ga harus item / putih *kayak mau sidang* hehe.

3. Paspor asli dan fotokopi paspor. Untuk fotokopi paspor pada halaman identitas dan halaman-halaman yang berisikan cap imigrasi ke negara mana saja yang pernah dikunjungi.

4. Kartu keluarga atau dokumen yang menyatakan hubungan keluarga.

5. Akta lahir

6. Surat keterangan kerja (berbahasa Inggris) atau SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan). Gue cuma lampirin suket kerja doang, karena untuk SIUP itu biasanya hanya untuk yang buka usaha sendiri.

7. Surat keterangan mahasiswa/pelajar, bagi yang masih sekolah. Untuk yang masih berstatus pelajar ini juga harus bikin surat sponsor dari orang tua kalian ya.

8. Slip gaji 3 bulan terakhir dan rekening koran 3 bulan terakhir. Bagi yang tidak atau belum bekerja, dapat melampirkan rekening koran dari pihak sponsor yang akan membiayai perjalanan ke Korea Selatan.

9. Surat referensi bank. Untuk menyatakan kalau kalian pemilik sah dari tabungan kalian.

10. Fotokopi bukti SPT21 bagi yang sudah bekerja.

11. Fotokopi tiket pesawat dan reservasi hotel.

Anyway kalo kalian butuh referensi untuk pengisian Formulir Aplikasi Visa, bisa diliat disini.

Yaps, agak banyak sih emang dokumen yang harus dipersiapkan. Gue sih saranin untuk nyiapin semua berkasnya dari jau-jauh hari biar ga ada yang ketinggalan. Karena gatau kenapa gue pribadi rasanya ada aja yang kurang dan bikin Visa ini jangan mepet-mepet dari tanggal keberangkatan biar ga deg-degan kalo-kalo di Kedubes Koreanya lagi rame jadi agak ngaret untuk pengecekan Visanya. Waktu gue sama Dewi & Sheila bikin Visa ini bisa terbilang agak mepet dari waktu keberangkatan. Jadi kita super deg-degan dengan hasilnya yang belum keluar. Proses pembuatan Visa 7 hari kerja. Setiap hari gue selalu cek website Kedubes Korea Selatan untuk update hasil terbaru. Perasaan gak tenang dan selalu gelisah kalo belum ada keterangan approved dari kedubes Korea. But finallyyyy ketegangan gue terbayar setelah gue liat keterangan kalo Visa gue approved! Hwaaa so happy hihihi... Korea I'm comiiiiiing. Joongki oppa, yoochun oppa and another oppa opaa disana wait us!!!! Pokoknya senang bangeeeet sampe loncat-loncatan sendiri di kamar wkwkwk. Oiya, gue saranin untuk pengambilan Visa ini bisa diambil H-1 atau H-2, menurut blog-blog yang gue baca sih karena Visa kita udah siap untuk langsung kita ambil kalo H-1 atau H-2 dari tanggal approved.

Super lega baca tulisan ini!

*Harga pembuatan Visa update Oktober 2017 Rp 544.000,00


Done urusan tiket pesawat, penginapan dan Visa. Sekarang saatnya packing~~ Dan ini adalah hal terindah buat gue. Gue selalu suka packing saat mau travelling :D Selanjutnya di postingan berikutnya....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar