yunita

yunita

Selasa, 10 Januari 2012

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

-->

-->Abad ke-21, saat di mana kita hidup sekarang, merupakan masa di mana Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mengalami perkembangan yang sangat pesat. Yang paling jelas adalah perkembangan alat komunikasi. Yang mulanya dulu hanya ada surat dan telepon kabel, kini telah berkembang menjadi handphone, laptop, tablet PC, i-pad dan lain sebagainya. Hal ini tentunya membawa dampak yang besar bagi kehidupan manusia. Begitu banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat dari pada sebelumnya. Dalam hal ini tujuan perkembangan teknologi, yaitu membuat kehidupan manusia dapat berjalan dengan lebih mudah bisa dikatakan telah tercapai. Namun, sejalan dengan hukum alam, setiap hal apa lagi suatu perubahan pasti akan membawa efek samping tertentu bagi setiap pihak yang terlibat dalam siklus tersebut. Banyak hal yang berubah terkait dengan perkembangan IPTEK ini, terutama pola hidup masyarakat.
Contoh sederhana nya saja ialah handphone. Pada masa kini, handphone bukanlah lagi barang mewah yang hanya dapat dibeli oleh kalangan atas, namun kalangan bawah pun sekarang ini sudah banyak yang memiliki handphone sebagai alat komunikasi. Perubahan pola komunikasi ini kemudian akan mengubah standar ekonomi masyarakat. Masyarakat, terutama orang tua, dituntut untuk memiliki penghasilan lebih demi mengikuti perkembangan ini.
Dampak positif dari adanya IPTEK :
  • Masyarakat lebih mudah dalam mengakses informasi yang akurat dari internet bahkan dari seluruh dunia sekalipun.
  • Dengan adanya teknologi seperti handphone, setiap orang dapat berkomunikasi dengan mudah.
  • Mempermudah aktifitas manusia, karena lebih efisien.
Dampak negatif dari adanya IPTEK :
  • Menyebabkan pola hidup masyarakat yang konsumtif, yaitu tertarik untuk mengkonsumsi barang dengan jumlah berlebih yang terkadang tidak sesuai kebutuhan.
  • Pengaruh budaya asing yang cepat masuk dan menyebabkan lunturnya budaya timur. Seperti cara berpakaian, sopan santun anak terhadap orang tua, kehidupan bebas remaja, dll.
  • Sikap individualisme. Masyarakat merasa dimudahkan oleh teknologi dan merasa tidak membutuhkan orang lain.
  • Membuat sikap malas, karena kemudahan yang diberikan oleh teknologi.
Hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan IPTEK untuk menekan dampaknya seminimal mungkin, antara lain :
  • Menggunakan teknologi sesuai dengan kebutuhan. Teknologi dipergunakan untuk membantu pekerjaan manusia agar efisien. Sudah selayaknya kita menggunakannya dengan bijak. Dengan teknologi kita dengan mudah mendapat informasi dari seluruh dunia, tetapi kita juga harus bisa menyaring informasi yang kita dapat dengan norma-norma budaya Indonesia. Agar kita tetap pada jalur yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar