yunita

yunita

Rabu, 11 Januari 2012

Pemuda dan Sosialisasi

-->

"Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemda, niscaya akan kuguncangkan dunia" (Bung Karno)

Pemuda adalah golongan manusia manusia muda yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik, agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung, pemuda di Indonesia dewasa ini sangat beraneka ragam, terutama bila dikaitkan dengan kesempatan pendidikan. Keragaman tersebut pada dasarnya tidak mengakibatkan perbedaan dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda.
Proses kehidupan yang dialami oleh para pemuda Indonesia tiap hari baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat membawa pengaruh yang besar pula dalam membina sikap untuk dapat hidup di masyarakat. Proses demikian itu bisa disebut dengan istilah sosialisasi, proses sosialisasi itu berlangsung sejak anak ada di dunia dan terus akan berproses hingga mencapai titik kulminasi.
Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.
Melalui proses sosialisasi, seorang pemuda akna terwarnai cara berpikir dan kebiasaan-kebiasaan hidupnya. Dengan demikian, tingkah laku seseorang akan dapat diramalkan. Dengan proses sosialisasi, seseorang menajdi tahu bagaimana ia mesti bertingkah laku di tengah-tengah masyarakat dan lingkungan budayanya. Sosialisai pemuda dapat diwujudkan dengan adanya karang taruna di daerah tempatnya tinggal. Karang taruna sendiri ialah organisasi kemasyarakatan yang menjadi wadah bagi setiap masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab. Karang taruna terutama oleh para generasi muda di lingkungan tempat tinggal.
Melalui adanya karang taruna, pemuda dapat mewujudkan perkembangan yang berkualitas, dan memiliki kesadaran bertanggung jawab. Organisasi sangat berperan dalam masyarakat, karena dengan adanya organisasi masyarakat dapat lebih berperan aktif terhadap lingkungannya. Dengan adanya organisasi kita dapat menuangkan ide positif dan masyarakat akan lebih mengenal kita karena keaktifan kita di dalam organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar