yunita

yunita

Sabtu, 10 Maret 2012

Kebudayaan Kota Jakarta


Apa definisi  dari kebudayaan itu sendiri? Kebudayaan yaitu sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide gagasan yang terdapat di dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi social, religi seni dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.


Seperti apa kebudayaan di sekeliling kita?
                Saya akan membahas tentang kebudayaan kota kelahiran saya, yaitu Jakarta. Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta menjadi pusat perekonomian juga menajadi tempat pariwisata yang banyak diminati turis luar negri. Keistimewaan budaya di Jakarta dan kelengkapan fasilitas yang tersedia disini merupakan faktor utama yang menarik minat dari warga negara asing.  Ada banyak tradisi di daerah ini seperti tradisi pernikahannya, ondel ondel yang sudah terkenal di mancanegara, delman atau kereta berkuda yang sampai sekarang masih sering kita jumpai.
Namun, seiring brjalannya waktu dan jaman semakin modern. Tradisi-tradisi itu mulai lenyap. Tidak lain karena masuknya budaya asing yang tidak dapat tersaring. Ada ada dampak positif dan juga negatif nya.
Dampak negatifnya adalah, banyak tempat hiburan malam di Jakarta, narkoba, sex bebas, pakaian yang tidak sopan sudah menjadi keseharian dari kota Jakarta sekarang ini. Hal-hal tersebut tentu sangat berdampak negatif bukan hanya untuk daerah Jakarta saja tetapi juga untuk negara kita secara keseluruhan.
Tetapi di balik dampak negatif tersebut juga ada dampak positif dari masuknya budaya asing ke Indonesia, yakni makin berkembangnya pemikiran masyarakat Indonesia dalam memasuki era globalisasi yang penuh dengan persaingan dunia. Indonesia kini sudah bisa bersaing denagan pasar asing. Terbukti dengan banyaknya siswa-siswi Indonesia yang memenangkan kompetisi kelas dunia.
                Masuknya budaya asing ke Indonesia, terutama kota besar seperti Jakarta memang tidak mungkin bisa di hindarakan. Tetapi sudah seharusnya, sebagai manusia yang diberi akal oleh Tuhan kita harus bisa memilih mana yang baik dan buruk nya. Untuk itu hal yang sebenarnya sangat diperlukan adalah menyaring kebudayaan asing dan mengambil sisi positifnya saja guna membangun negara kita agar lebih maju dan dapat bersaing dengan negara lain di era globalisasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar